PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2015

Ayu Sekar Pramesthi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM). Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan Indonesia yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. Teknik  pemilihan  sampel  dengan  menggunakan purposive sampling,  sehingga diperoleh 29 perusahaan dengan total sampel sebanyak 87. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan  Corporate Sosial Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Namun pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS).

Kata Kunci: Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM).




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.