MINAT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET BANKING: PENDEKATAN MODIFIED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Titus Wisam Adhimmufti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi kegunaan, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, persepsi keamanan web dan sikap penggunaan internet banking memiliki pengaruh positif terhadap minat penggunaan internet banking. Dalam penelitian ini menggunakan sampel Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis. Data penelitian diperoleh melalui survey dengan cara menyebarkan kuisioner langsung kepada UMKM. Evaluasi data penelitian dilakukan menggunakan sistem perhitungan PLS yang didalamnya dilakukan evaluasi inner model dan evaluasi outer model. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi keamanan web dan sikap penggunaan internet banking memiliki pengaruh yang positif terhadap minat digunakannya internet banking.

Kata kunci: Internet Banking, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan Web, UMKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.