ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI BRI SYARIAH KCP NGRONGGO KEDIRI)

Ummi Marzuqoh M.

Abstract


Perbankan syariah dipilih karena lembaga ini menyediakan jasa keuangan umat berdasarkan etika dan prinsip Islam, yang berusaha melepaskan diri dari unsur bunga (riba), spekulatif non-produktif perjudian (maysir), bebas dari aktivitas yang meragukan (gharar), bebas dari perkara yang tidak sah (bathil), dan hanya membiayai usaha-usaha halal (tanpa bunga). Sehingga, terdapat sejumlah faktor  yang  mempengaruhi  nasabah  bertransaksi  di  bank  syariah,  diantaranya aspek lokasi, religiusitas, pelayanan, kualitas produk, dan bagi hasil, yang berpengaruh positif terhadap nasabah bertransaksi di bank syariah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi  nasabah  bertransaksi  di  BRI  Syariah  KCP  Ngronggo  Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survey, teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling berjumlah 50 nasabah yang melakukan transaksi di BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri. Penelitian dilakukan pada Juni 2017, data dikumpulkan dengan kuesioner dan analisis data secara deskriptif dalam bentuk tabel atau grafik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar 49 (98%) nasabah melakukan transaksi karena faktor lokasi, 48 (96%) karena faktor pelayanan, 49 (98%) karena faktor religius, 49 (98%) karena faktor reputasi, 36 (72%) karena profit sharing, dan 6 (12%) karena faktor promosidi BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri.

Kata kunci: faktor-faktor, nasabah, transaksi, Bank Syariah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.