MINAT INDIVIDU TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

CYNTHIA SARI LATIF

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, persepsi kredibilitas, kepercayaan, kualitas sistem dan pengaruh sosial terhadap minat dalam penggunaan mobile banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model
(TAM). Objek penelitian ini adalah nasabah Bank BUMN yang menggunakan mobile banking di Kota Malang. Sebanyak 150 data berhasil dikumpulkan menggunakan metode survey dengan
teknik convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS versi 2.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kredibilitas, kepercayaan, kualitas sistem dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat dalam penggunaan mobile banking, sedangkan kemudahan penggunaan tidak berpengaruh positif terhadap minat dalam penggunaan mobile banking.


Kata kunci:  Minat Dalam Penggunaan Mobile Banking, Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kredibilitas, Kepercayaan, Kualitas Sistem, Pengaruh Sosial, Technology Acceptance Model (TAM), Partial Least Square (PLS)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.