PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MENGAJUKAN KREDIT PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR, Tbk. CABANG NGANJUK

Mitha Rana Paragita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat yang mengetahui informasi kredit Bank Jatim melalui komunikasi secara langsung dari mulut ke mulut. Word of mouth lebih memiliki keunggulan kompetitif dan kemudahan dalam menyampaikan informasi. Peran nasabah sebagai pemasar yaitu dengan memberitahukan informasi tentang pinjaman dana dan fasilitas kredit Bank jatim kepada orang lain atau kerabatnya sesuai dengan pengalaman yang telah diterimanya. Banyaknya jumlah debitur kredit  pada Bank Jatim datang melalui komunikasi dari mulut ke mulut orang yang satu kepada orang yang lainnya atau dalam istilahnya disebut word of mouth. Komunikasi word of mouth dengan intensitas yang sering maka akan semakin banyak informasi yang diterima oleh nasabah atau debitur.  Dengan melihat siapa yang menyampaikan informasi tersebut  dapat menimbulkan minat untuk mengajukan kredit pada Bank Jatim Cabang Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial variabel volume dan dispersion terhadap minat mengajukan kredit dan pengaruh simultan variabel  volume dan  dispersion  terhadap minat mengajukan kredit, serta variabel dalam  word of mouth  yang paling berpengaruh  dominan terhadap minat mengajukan kredit pada Bank Jatim Cabang Nganjuk. Secara spesifik, variabel bebas dalam penelitian ini adalah word of mouth  yang mencakup volume dan  dispersion, sedangkan variabel terikatnya minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan  jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling non probabilitas dengan purposive sampling (judgement sampling). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil Analisis Regresi Linear Berganda diperoleh bahwa variabel volume  dan dispersion berpengaruh terhadap minat nasabah mengajukan kredit Bank Jatim. Selain itu di dapat pula hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan variabel volume dan  dispersion terhadap minat beli, serta variabel  dispersion berpengaruh dominan terhadap minat nasabah mengajukan kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk. Cabang Nganjuk.

Kata Kunci:   Word of Mouth, Volume, Dispersion, dan Minat beli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.