ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING (Studi Kasus Pada UMKM Konveksi Mahargo Bojonegoro)

Himas Ainun Syahida

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian dengan maksud memecahkan suatu permasalahan yang terjadi  pada  UMKM Konveksi  Mahargo  Bojonegoro.  Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan Metode Full Costing dan mengetahui biaya-biaya yang terkait dalam proses produksi seragam putih lengan pendek yang terjadi selama bulan Maret 2017 pada UMKM Konveksi Mahargo Bojonegoro.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan selama ini tidak melakukan perhitungan harga pokok produksi berdasarkan pengumpulan dan penggolongan  biaya  sesuai  dengan  biaya  yang  dikeluarkan  dari  proses  awal hingga menjadi produk jadi, terutama terhadap pengelompokkan dan pencatatan biaya overhead pabrik dan biaya produksi lainnya, sehingga biaya-biaya yang sebenarnya telah dikeluarkan tidak terhitung dan tidak menjadi komponen harga pokok produksi  yang ditetapkan. Dengan menggunakan Metode Full  Costing, perusahaan dapat menghitung seluruh biaya produksi berdasarkan pengumpulan dan  penggolongan  biaya. Penggolongan  biaya  produksi  meliputi  biaya  bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, baik yang berperilaku variabel maupun tetap. Dengan dilakukan perhitungan menggunakan Metode Full Costing, UMKM Konveksi Mahargo dapat menghitung harga pokok produksi dengan lebih akurat ke depannya dengan memperhitungkan seluruh komponen biaya produksi.

Kata kunci: Biaya Produksi, Harga Pokok Produksi, Full Costing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.