CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SRI KEHATI PERIODE 2011 – 2015

Diana Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti atas dampak CSR terhadap kualitas laba. Pada penelitian ini kualitas laba diproksikan dengan kualitas akrual, persistensi laba, dan smoothness. Penelitian ini menggunakan volatilitas arus kas dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 55 sampel, yang berasal dari 11 perusahaan yang memenuhi kriteria dalam judgement sampling dengan 5 tahun pengamatan yaitu dari tahun 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR dapat meningkatkan kualitas akrual dan smoothness. Sebaliknya, CSR tidak berdampak terhadap persistensi laba. Kemungkinan hal ini disebabkan pengungkapan CSR masih bersifat sukarela, sehingga perusahaan tidak mengungkapkan kegiatan CSR sepenuhnya.

Kata kunci: CSR, kualitas  laba, kualitas  akrual, persistensi  laba, smoothness, volatilitas arus kas, ukuran perusahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.