DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI PADA PERTAMBANGAN, OTOMOTIF, KONSTRUKSI BANGUNAN, PERBANKAN, SEMEN, ENERGI, PERKEBUNAN, TELEKOMUNIKASI, DAN PERDAGANGAN PERIODE 2013-2015)

Fahmy Ibrahim Asting

Abstract


Kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan operasionalnya menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan agar senantiasa tetap menjaga lingkungan sekitar dan kinerja operasional perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu mekanisme pengawasan yang bertujuan untuk mengawasi da menjaga kinerja operasional dan lingkungan sekitar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, dewan komisaris, dan komisaris independen; dan tipe industri terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang menggunakan data kuantitatif, dimana sampel dari penelitian ini sebanyak 90 perusahaan yang terdiri dari perusahaan pada sektor pertambangan, otomotif, konstruksi bangunan, perbankan, semen, energi, perkebunan, telekomunikasi, dan perdagangan selama periode 2013-2015. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial merupakan satu-satunya proksi dari Good Corporate Governance yang memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan proksi lainnya tidak memiliki pengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa mekanisme Good Corporate Governance tidak berjalan efektif. Hasil lainnya yaitu tipe industri memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil ini menunjukkan bahwa industri yang termasuk dalam kategori high profile akan lebih terbuka dalam mengungkapkan laporan dan kegiatan pertanggungjawaban sosialnya. Implikasi dari penelitian ini adalah pemerintah dapat meninjau kembali efektifitas dari Undang-Undang mengenai Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance yang dilakukan oleh perusahaan dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Kata Kunci : Good corporate governance, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, dewan komisaris, komisaris independen, tipe industri, dan Corporate Social Responsibility.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.