DETERMINAN STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015

Juniarti SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan struktur modal yang terdiri dari profitabilitas (profitability), ukuran perusahaan (firm size), tangibility asset, likuiditas (liquidity) dan pertumbuhan penjualan (sales growth) terhadap struktur modal pada perusahaan sektor properti dan real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015.

Sampel penelitian ini adalah 28 perusahaan properti dan real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, penelitian dilakukan pada periode 2011-2015. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Model dalam penelitian ini sebelumnya diuji dengan uji asumsi klasik untuk memastikan bahwa model pada penelitian ini memenuhi asumsi dasar dalam analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (profitability), tangibility asset, dan likuiditas (liquidity) berpengaruh signifikan negatif terhadap struktur modal, variabel ukuran perusahaan (firm size) berpengaruh signifikan positif terhadap struktur modal. Sedangkan pertumbuhan penjualan (sales growth) tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.

Kata Kunci: struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaa, tangibility asset, likuiditas, pertumbuhan penjualan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.