“PENGHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI BERDASARKAN METODE JOB ORDER COSTING (Studi Kasus UKM Sepatu CV SURYA CITRA ABADI di Mojokerto)”

Eka Junia Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penghitungan harga pokok produksi dengan Job Order Costing Method  pada Usaha Kecil dan Menengah Sepatu Cv. Surya Citra Abadi Mojokerto untuk produk sepatu casual dan sepatu pantofel.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan   pendekatan   studi   kasus.   Sedangkan  metode   Analisis   yang digunakan dalam penghitungan harga pokok produksi adalah metode Job Order Costing  untuk mengihitung  biaya  setiap  pesanan  produksinya,  Full  Costing Method   untuk   penghitungan   keseluruhan   biaya   yang   dibebankan   pada produksinya dan Historical Costing   untuk penghitungan biaya produksi yang sebenarnya terjadi.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  untuk  melakukan  penghitungan harga pokok produksi di Cv. Surya Citra Abadi tidak cukup hanya dengan membebani biaya bahan baku saja namun juga harus memperhitungakan biaya tenaga kerja langsung dan  biaya overhead  pabrik.  Dengan  metode Job  Order Costing   dan metode FullCosting, maka jumlah harga pokok produksi untuk pesanan Sepatu Casual sebesar Rp50.566.500,00 dengan biaya per pasang sepatu sebesar Rp50.567,00 dan harga pokok produksi untuk pesanan Sepatu pantofel sebesar Rp59.858.500,00 dengan biaya per pasang sepatu sebesar Rp59.859,00 untuk pesanan 1000 pasang produksi sepatu. Hasil tersebut  menunjukkan bahwa seluruh komponen biaya produksi dapat diperhitungkan dan menunjukkan dasar penghitungan harga pokok produksi yang lebih akurat, sehingga perusahaan dapat menggunakan penghitungan harga pokok produksi ini sebagai dasar menentukan harga pokok penjualan dan laba yang lebih akurat.

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Job Order Costing Method,Full Costing Method, Sepatu Casual dan Sepatu Pantofel.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.