PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. GO-JEK INDONESIA, DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Dhani Alamzah

Abstract


Persaingan bisnis menuntut para produsen berpikir kreatif dalam mengembangkan produk maupun jasa yang dimiliki, dan juga membentuk strategi menarik perhatian konsumen untuk menggunakan produknya daripada milik pesaing. Persaingan bisnis juga dialami oleh jasa transportasi ojek online, yaitu GO-JEK Indonesia yang tidak selalu diterima dengan baik oleh masyarakat. Pemberitaan negatif mengenai aksi penolakan yang dilakukan oleh jasa transportasi konvensional, review negatif dari konsumen, ditambah dengan bertambahnya jumlah pesaing membutuhkan adanya strategi yang tepat dari GO-JEK untuk mendapatkan hati konsumen. Pembentukan citra positif yang dilakukan oleh perusahaan melalui beragam kegiatan seperti CSR maupun sponsorship, dianggap sebagai strategi yang tepat untuk mendapatkan hati konsumen agar menggunakan jasa yang dimiliki. Usaha dalam membentuk citra yang baik, akan dianggap berhasil apabila diiringi pula dengan kepercayaan konsumen di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari brand image terhadap keputusan pembelian, dengan mengidentifikasi peran dari brand trust sebagai variabel intervening di antara keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 220 responden yang terdiri dari mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

Hasil dari penelitian dengan menggunakan PLS (Partial Least Square) menunjukkan adanya pengaruh dari variabel brand image terhadap keputusan pembelian, dengan brand trust sebagai variabel intervening di dalam hubungannya sebesar 58,54%, sehingga hipotesis dapat diterima.

Kata Kunci: brand image, keputusan pembelian, brand trust, GO-JEK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.