PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP COSTUMER SATISFACTION MELALUI EXPERIENTIAL VALUE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGUNJUNG WISATA EDUKASI ECO GREEN PARK KOTA BATU

Yussuf Agil Hartopo

Abstract


Penelitian ini dilatarbalakangi oleh perkembangan bisnis di bidang pariwisata yang mengalami peningkatan pengunjung tiap tahunnya di Indonesia termasuk di Kota Batu. Pariwisata menawarkan berbagai wahana yang menarik sehingga pengunjung wisata mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Pengunjung yang mendapatkan pengalaman yang menyenangkan akan merasa puas karena telah sesuai atau melebihi harapan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap costumer satisfaction melalui experiential value sebagai variabel mediasi pengunjung Wisata Edukasi Eco Green Park, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan metode survey. Sampel berjumlah 140 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis menggunakan PLS SEM dengan software SmartPLS 3.2.6. Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t-test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel. Hasil analisis menunjukan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap experiential value, experiential marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap costumer satisfaction, dan experiential value berpengaruh positif dan signifikan terhadap costumer satisfaction. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung experiential  marketing terhadap costumer satisfaction melalui experiential value menunjukan hasil yang positif dan signifikan.

 

Kata kunci: experiential marketing, experiential value, costumer satisfaction, Eco Green Park.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.