PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MAKANAN DAN MINUMAN PADA KANTIN HALALAN THAYYIBAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Panggih Pangestu

Abstract


Universitas Brawijaya Malang memiliki kantin yang diberi nama Kantin Halalan Thayyiban, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum (pangan) bagi mahasiswa. Selain itu,  harapannya adalah agar menjadi kantin percontohan bagi kampus-kampus lain serta mengkampanyekan gerakan kesadaran halal bagi seluruh perguruan tinggi (PT) di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Islamic branding, product (produk), price (harga), place (lokasi) terhadap keputusan membeli pada Kantin Halalan Thayyiban Univeristas Brawijaya Malang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan responden yang berjumlah 100 pada konsumen kantin Halalan Thayyiban Universitas Brawijaya Malang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Preferensi Konsumen merupakan alasan seseorang untuk memilih suatu produk dari pada produk yang lain. Dalam menentukan Keputusan Pembelian suatu produk dipengaruhi faktor Islamic Branding. Brand Islam menjadikan konsumen tenang dan tidak ragu terutama konsumen muslim. Tidak hanya Produk, harga juga mempengaruhi Keputusan pembelian konsumen. Harga merupakan salah satu faktor penentu konsumen dalam menentukan suatu keputusan pembelian. Terakhir faktor yang mempengaruhi keputasan pembelian adalah lokasi atau tempat. Konsumen membeli produk makanan dan minuman dikarenakan tempat yang strategis, mudah dijangkau dan tempat yang bersih menjadikan konsumen memutuskan membeli produk tersebut.

 

Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Makanan dan Minuman, Kantin Halalan Thayyiban

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.