ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SEBAGAI DASAR FORMULASI STRATEGI BERSAING (Studi pada KSU Brosem)

Hardian Eko Prasetyo

Abstract


Minuman ringan merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan dahaga bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sedangkan sebagian besar pasar minuman ringan diisi oleh produk-produk luar negeri. Sebagai salah satu produsen minuman ringan dalam negeri, Brosem harus mampu membuktikan bahwa produk minuman ringan dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal pada Brosem serta mengetahui strategi yang paling tepat untuk Brosem. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan alat analysis berupa matriks EFE, matriks IFE, Matriks SWOT, Matriks Internal-Eksternal dan Matriks QSPM

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brosem memiliki kekuatan yang lebih besar dari kelemahan dan peluang yang lebih besar dari ancaman. Berdasarkan analisis matiks QSPM diperoleh alternatif strategi pengembangan produk merupakan strategi terbaik baik Brosem

Kata Kunci : Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, Analisis Lingkungan, Formulasi Strategi, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks SWOT, Matriks IE, Matriks QSPM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.