Analisis Pengaruh Likuiditas, Struktur Aktiva Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Multifinance di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2012-2015

Nurcholid Majid

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi pembentuk perilaku herding yang terjadi di IHSG pada periode 2008 dan 2016. Kedua periode tersebut dipilih untuk menggambarkan pada saat kondisi pasar market stress dan normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pendekatan oleh Chang, Cheng, dan Khorana (2000) yang mengembangkan model dari Christie dan Huang (1995) dengan metode Cross Sectional Absolute Deviation untuk mencari nilai return dispersi, dan menambahkan pendekatan hubungan non-linier dengan analisis regresi linier berganda untuk mendeteksi adanya perilaku herding.

Dengan menggunakan data return saham harian dan return pasar dari perusahaan-perusahaan di IHSG yang dipilih berdasar teknik purposive sampling pada masing-masing tahun untuk mencari nilai dispersi sesuai dengan metode Chang, Cheng, dan Khorana (2000), ditemukan adanya hubungan non-linier dari variabel return pasar kuadrat dengan nilai dispersi pada masing-masing tahun objek penelitian yang mengindikasikan adanya perilaku herding pada tahun 2008 dan 2016.

Dari temuan tersebut, penelitian ini juga dilakukan untuk mengidentifikasi pembentuk dari perilaku herding dengan menggunakan data pendukung berupa hasil wawancara bebas pada beberapa broker dan investor yang melakukan transaksi di pasar modal Indonesia. Hasil wawancara menunjukan hasil yang sama, dimana para informan menyebutkan sering menemui tindakan tidak rasional investor dalam memilih keputusan investasi. Informan juga menyebutkan bahwa para investor sering bertindak hanya berdasar dari isu dan kabar yang beredar di antara investor lain, yang mengimplikasikan bahwa arus informasi yang tidak benar (informational cascades) menjadi salah satu pembentuk atau penyebab utama dari perilaku herding yang terjadi di IHSG.

                                                                                                             

Kata Kunci :Perilaku Herding, Behavioral Finance, Cross Sectional Absolute Deviation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.