PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA RIIL (Studi Empiris Pada Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

Dhanarindra Ekky Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji ukuran komite audit berpengaruh terhadap manajemen laba riil 2) Untuk menguji proporsi dewan komisaris independen berpengaruh terhadap manajemen laba riil 3) Untuk menguji kepemilikan institusional berpengaruh terhadap manajemen laba riil 4) Untuk menguji kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap manajemen laba riil 5) Untuk menguji auditor spesialisasi industri berpengaruh terhadap manajemen laba riil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang listing di BEI periode 2011-2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi
linier berganda.  
Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran komite audit berpengaruh terhadap manajemen laba riil. Proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba riil. Hasil tersebut dikarenakan komposisi komisaris yang terdapat diperusahaan terjadi permasalahan mengenai komunikasi dan koordinasi sehingga menyebabkan pihak manajemen dapat secara leluasan melakukan manajemen laba. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap manajemen laba riil. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepemilikan institusional yang mempengaruhi pengawasan yang dilakukan  menyebabkan menjadi lemah sehingga memberikan kesempatan kepada pihak manajemen untuk melakukan manajemen laba. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap manajemen laba riil. Auditor spesialisasi industri berpengaruh terhadap manajemen laba riil.

Kata Kunci:  Good Corporate Governance, Spesialisasi Industri Auditor Dan Manajemen Laba Riil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.