ANALISIS POTENSI DAN KONTRIBUSI PAJAK HIBURAN TERHADAP PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI KASUS DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA MALANG)

Firman Hadi Kusumo Yuwono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana potensi dan kontribusi Pajak Hiburan terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang, serta pengaruh dari potensi dan kontribusi Pajak Hiburan terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. Adapun metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data, memaparkan dan menjelaskan data melalui angka-angka. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu (1) studi pustaka, (2) wawancara, (3) observasi, dan (4) dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi Pajak Hiburan di Kota Malang sangat besar dan terus meningkat dari tahun 2008 – 2011. Akan tetapi terdapat selisih yang jauh di atas realisasi penerimaan Pajak Hiburan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan selisih antara realisasi dan potensi penerimaan Pajak Hiburan dari tahun 2008 sebesar 25.15%, tahun 2009 sebesar 15.92%, tahun 2010 sebesar 13.83% dan tahun 2011 sebesar 16.48%. Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa potensi penerimaan Pajak Hiburan di Kota Malang belum mencerminkan potensi yang sebenarnya, oleh karena itu Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang perlu mengoptimalkan penerimaan Pajak Hiburan agar Pendapatan Asli Daerah juga semakin meningkat.

 

Kata kunci :PotensiPajakHiburan, KontribusiPajakHiburan, PendapatanAsli Daerah, Kota Malang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.