PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONALTERHADABUDAYA K3 DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KERJA (STUDI PADA KARYAWAN PT.TELKOM WITEL JATIM SELATAN MALANG)

Tia Aprillia Devi Kuspianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap budaya kesehatan dan keselamatan kerja, untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja, untuk mengetahui pengaruh budaya kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kepuasan kerja, dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional pada kepuasan kerja melalui budaya kesehatan dan keselamatan kerja. Sampel penelitian explanatory ini adalah 62 karyawan PT. Telkom di Witel Jatim Selatan di Malang.

Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik random sampling, kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mempengaruhi budaya kesehatan dan keselamatan kerja. Artinya gaya kepemimpinan yang tepat meningkatkan budaya kesehatan dan keselamatan kerja. Selanjutnya, kepemimpinan transformasional memengaruhi kepuasan kerja, menyiratkan bahwa gaya kepemimpinan yang lebih sesuai akan meningkatkan kepuasan kerja. Selain itu, budaya kesehatan dan keselamatan kerja mempengaruhi kepuasan kerja karyawan, menunjukkan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih baik meningkatkan kepuasan kerja. Akhirnya, kepemimpinan transformasional mempengaruhi kepuasan kerja melalui budaya kesehatan dan keselamatan kerja. Ini menyiratkan bahwa gaya kepemimpinan yang tepat meningkatkan budaya kesehatan dan keselamatan kerja, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Kata kunci: kepemimpinan transformasional, budaya kesehatan kerja dan keselamatan kerja, kepuasan kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.