SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN PSIKOGRAFI PADA KONSUMEN JASA PENCUCIAN MOBIL MMS CAREWASH DI KOTA MALANG

Adam Hakim Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik segmen pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash berdasarkan Activity, Interest, Opinion serta mengetahui segmen pasar apa yang tepat untuk menjadi target pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash berdasarkan Activity, Interest, Opinion. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif yang mengukur suatu fenomena sosial tertentu tetapi tanpa melakukan pengujian hipotesa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden yang diambil dari populasi konsumen jasa pencucian mobil MMS Carewash di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu konsumen berusia 17 tahun keatas, pernah 1 kali melakukan jasa pencucian mobil di MMS Carewash. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis cluster metode K-Means. Dari Hasil pengujian disimpulkan segmen pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash di Kota Malang dapat dibagi ke dalam 4 kelompok segmen. Segmen 1 dengan nama the active woman, Segmen 2 dengan nama the confidence man, Segmen 3 dengan nama the wise man dan segmen 4 dengan nama the man with a plan. Segmen yang dinilai paling tepat untuk menjadi target pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash adalah segmen the confidence man, the wise man serta the man with a plan.

                                                                                

Kata Kunci: Segmentasi, Psikografi, Activity, Interest, Opinion.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.