EVENT STUDY PADA PERISTIWA PUBLIKASI RENCANA PEMBENTUKAN HOLDING BANK BUMN (Studi Kasus pada Bank BUMN yang Terdaftar pada BEI Tahun 2015)

RIZKA RAMADHAN SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi investor pada peristiwa rencana pembentukan holding bank BUMN dengan melihat perbedaan abnormal return  dan  aktivitas  volume  perdagangan  saham.  Penelitian  ini  diujikan  pada empat bank BUMN yang akan dijadikan holding bank BUMN, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN. Bank BUMN yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun

2015. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode paired sample t- test untuk menguji perbedaan rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity. Pengujian dilakukan selama 11 hari yang terdiri dari 5 hari sebelum, 5 hari sesudah dan 1 hari yang tepat pada hari publikasi rencana pembentukan holding bank BUMN. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return dan rata-rata TVA yang signifikan sebelum dan sesudah publikasi rencana pembentukan holding bank BUMN.

 

Kata kunci : abnormal return, aktivitas volume perdagangan, holding


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.