PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, KONTROL PERILAKU PERSEPSIAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT KEPATUHAN PAJAK PENGUSAHA UMKM DI KOTA MALANG

FAAKIH SHALWOHARJIMAS SE

Abstract


Kondisi  kepatuhan  pajak  di  kota  Malang  masih  belum  mencapai  target,  hanya  <10% target yang tercapai. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti menguji pengaruh sikap, norma subyektif,  kontrol  perilaku  persepsian,  dan  motivasi  terhadap  minat  kepatuhan  pajak pengusaha  UMKM  di  kota  Malang.  Penelitian  ini  merupakan  explanatory  research.  Jumlah populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  830  UMKM  yang  bergerak  di  bidang  makanan  dengan mengambil  sampel  sebanyak  89  dengan  menggunakan  teori  Slovin  dengan  taraf  kesalahan 10%.  Penentuan  sampel  dilakukan  dengan  jenis  non  probability  sampling  dan  metode pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan  likert  scale  dan  semantic  diferential  scale.  Data  yang  diperoleh  di  analisis  dengan teknik  analisis  PLS  (Partial  Least  Square)  melalui  software  SmartPLS  2.0.M3.  Hasil Penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terdapat  pengaruh  signifikan  antara  sikap,  norma subyektif, dan kontrol perilaku persepsian terhadap  minat kepatuhan pajak. Namun  motivasi tidak  memiliki  pengaruh  secara  signifikan  terhadap  minat  kepatuhan  pajak.  Berdasarkan pengujian  yang  telah  dilakukan,  maka  hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  bahan pertimbangan  bagi  Direktorat  Jendral  Pajak  dalam  membuat  kebijaksanaan  dalam menghadapi dan memahami minat pengusaha UMKM dalam kepatuhan pajak.

 

Kata kunci :  sikap, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian, motivasi,minat kepatuhan pajak, UMKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.