ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM SIKLUS PENDAPATAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE (Studi Kasus Pada Layanan Aplikasi GO-FOOD dan GO-RIDE)

Debora Caesarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal dalam siklus pendapatan transportasi berbasis aplikasi online pada layanan aplikasi GO-FOOD dan GO-RIDE. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan The Commite of Sponsoring Organization of the Tradeaway Commission  (COSO).

Hasil analisis dari penelitian ini menjelaskan bahwa struktur organisasi sudah lengkap dengan deskripsi kerja. Analisis penilaian risiko telah menujukan perusahaan telah mengambil tindakan untuk meminimalisir terjadinya risiko. Aktivitas pengendalian menjelaskan bahwa perusahaan sudah melakukan pengendalian secara efektif. Informasi dan komunikasi yang berjalan lancar dari pihak internal maupun eksternal, dan pemantauan yang telah terlaksana dengan baik.

Kata Kunci: Pengendalian Internal, GO-FOOD, GO-RIDE, Pendapatan, PT. GO-JEK, Pengemudi GO-JEK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.