PENGARUH PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ONLINE PADA WEBSITE ALIEXPRESS.COM (Studi pada Mahasiswa Program S1 Universitas Brawijaya Malang)

Marselle Mahardheka

Abstract


Sistem jual beli mulai memasuki era baru dengan adanya teknologi e-commerce. Namun dalam perkembangannya, sering ditemukan permasalahan seperti risiko, kemudahan penggunaan dan keamanan yang mengakibatkan timbulnya persepsi masyarakat mengenai penggunaan teknologi e-commerce.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat pembelian online melalui website Aliexpress.com. Penelitian ini menggunakan 110 sampel yang diambil dari mahasiswa program S1 Universitas Brawijaya Malang. Metode yang digunakan adalah  non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 21.0 for Windows.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh dari persepsi risiko, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat pembelian online melalui website AliExpress.com. Variabel persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian online dengan nilai signifikan yaitu 0,012. Variabel persepsi kemudahan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pembelian online dengan nilai signifikan 0,013. Serta variabel persepsi keamanan memiliki pengaruh signifikan pula terhadap minat pembelian online dengan nilai signifikan sebesar 0,039. 

Kata Kunci: Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Minat Pembelian Online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.