PENGARUH KEBUTUHAN AFILIASI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LINE@ ORGANISASI KAMPUS BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Bakti Hasanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan afiliasi mahasiswa terhadap penggunaan media sosial LINE@ organisasi kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (BEM FEB UB). Pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh secara langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik responden pernah/sedang menggunakan media sosial LINE@ organisasi kampus BEM FEB UB minimal satu semester dan pernah berinteraksi saat melihat media sosial LINE@ organisasi kampus BEM FEB UB. Analisa data dalam pengujian instrumen menggunakan software SmartPLS versi 3.0 dengan tahapan analisis outer model, inner model, dan pengujian hipotesis (uji t). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kebutuhan afiliasi mahasiswa berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap penggunaan media sosial LINE@ organisasi kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (BEM FEB UB). 

Kata Kunci: Kebutuhan Afiliasi Mahasiswa, Penggunaan Media Sosial LINE@ Organisasi Kampus


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.