Pengaruh Kinerja Keuangan Bank Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 2013-2016 (Studi Kasus Bank BUKU 4)

Fauziah Anita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara rasio keuangan yang terdiri dari return on asset (ROA), loan to deposit ratio (LDR), capital adequacy ratio (CAR), non performing loan (NPL), dan net interest margin (NIM) baik secara simultan maupun parsial terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2013 sampai 2016. Sampel pengamatan penelitian ini adalah bank BUKU 4 yang terdiri dari Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank Mandiri selama 48 bulan.

Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode OLS. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap growth (pertumbuhan ekonomi). Secara parsial pada model estimasi Bank BCA, variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel growth adalah ROA dan NPL.  Pada model estimasi Bank Mandiri variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel growth adalah LDR, NPL dan NIM.  Pada model estimasi Bank BNI variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel growth adalah ROA, CAR, dan NPL.  Pada model estimasi Bank BRI variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel growth adalah ROA, LDR, NPL, dan NIM.

Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Return On Asset (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Net Interest Margin (NIM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.