MODEL KEPUTUSAN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA GRATIS BERBASIS ANALISIS RANTAI NILAI PADA MAGIC WAVE SURF COMMUNITY NEWSPAPER

Shintara Nasyahta Aldhila

Abstract


Di Bali ada sebuah media massa bernama Magic Wave Surf Community Newspaper yang menggunakan sistem manajemen yang sangat sederhana dengan mengenyampingkan laba/profit.Penelitian ini meneliti tentang keunggulan bersaing Magic Wave Surf Community Newspaper yang dilihat dengan menggunakan unsur-unsur rantai nilai (VCA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur-unsur sumber rantai nilai yang ada pada Magic Wave Surf Community Newspaper. Penelitian ini menggunakan model penelitian bisnis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian yang dipilih adalah manajemen level berkaitan dengan manajemen strategi dimana subjek penelitian adalah Magic Wave Surf Community Newspaper. Atas dilakukannya penelitian ini, ditemukan beberapa temuan, diantaranya adalah sumber daya perusahaan terdiri dari sumber daya berwujud yaitu: sumber daya keuangan dan sumber daya fisik. Sedangkan untuk sumber daya tidak berwujud meliputi sumber daya reputasi, sumber daya moral organisasi, sumber daya pemahaman teknik, sumber daya akumulasi pengalaman dan sumber daya merek dagang. Magic Wave Surf Community Newspaper memiliki orientasi perusahaan/organisasi tidak pada laba/profit dan lebih cenderung menjadi media komunitas untuk kegiatan sosial dengan konsep gratis.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.