PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN MUSEUM BRAWIJAYA SEBAGAI SALAH SATU ASET SEJARAH KOTA MALANG

Luvita Dwi Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan analisis SWOT (Strenghtness, Weakness, Opportunity, dan Threatness) sebagai strategi pengembangan pada Museum Brawijaya Malang dengan menganalisis dari segi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan pada Museum yang selama ini hanya terkesan tidak atraktif, tidak aspiratif, tidak menghibur, dan pengelolaan seadanya. Keberadaan museum belum mampu menunjukkan nilai-nilai koleksi yang tersimpan kepada publik. Kondisi sumberdaya manusia di museum pun memprihatinkan. Ditambah lagi dengan adanya paket wisata yang jarang mengarahkan wisatawan untuk berkunjung ke museum karena dianggap belum menjadi destinasi yang potensial.

Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kata-kata dan tindakan yang didukung dengan observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa Museum Brawijaya berada pada posisi Strategi berkembang. Artinya ,  kekuatan (S) lebih besar daripada peluang (O), artinya pilihan strateginya adalah pertumbuhan cepat dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh museum tersebut.

Kata kunci : Strenghtness, Weakness, Opportunity, dan Threatness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.