ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTING (Studi Kasus Pada Pabrik Pupuk CV. Karya Perdana Makmur Di Gresik)

Moh. Taufan Teguh Herlambang

Abstract


Persaingan antar perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing cukup ketat di pasar, sehingga penting bagi perusaan untuk melakukan perhitungan harga pokok produksi yang tepat. Selama ini perusahaan memang sudah melakukan perhitungan harga pokok produksinya namun masih belum sesuai dengan standart akuntansi yang benar, hal tersebut disebabkan karena staf keuangan perusahaan belum mengerti bagaimana menghitung harga pokok produksi yang benar sesuai dengan standart akuntansi. Sehigga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan antara perhitungan harga pokok produk yang ditetapkan oleh pihak perusahaan selama ini dengan perhitungan menggunakan metode Job Order Costing.

Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Job Order Costing. Metode Job Order Costing merupakan salah satu metode perhitungan harga pokok produksi yang memasukkan semua biaya yang muncul dalam proses produksi. Metode Job Order Costing merupakan metode yang cukup membantu dalam terjadinya suatu produk itu menjadi overcosting atau undercosting yang diakibatkan oleh ketidaksesuaian dalam pembebanan biaya.

Hasil perhitungan harga pokok produksi dengan perhitungan metode Job Order Costing terlihat nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi metode perusahaan. Perbedaan nilai yang terjadi disebabkan karena pembebanan biaya overhead pabrik yang dihitung menggunakan metode Job Order Costing lebih lengkap serta terperinci dengan baik sesuai dengan akuntansi yang benar.

Kata kunci : Metode Job Order Costing, Harga Pokok Produksi, Harga Jual.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.