PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Nasabah PT Pegadaian Persero Cabang Kraton Bangil Pasuruan)

Adzam Aulia Fauza

Abstract


Relationship marketing menjadi suatu topik menarik untuk diteliti karena perusahaan yang menerapkan konsep ini diharapkan mampu menjadi lebih unggul daripada pesaing. Banyak perusahaan yang telah sukses menerapkan relationship marketing dan setelah itu mendapatkan pelanggan yang loyal. Relationship Marketing tidak dapat dipisahkan dari pelanggan yang loyal karena pelanggan akan menjadi loyal apabila perusahaan memiliki nilai lebih dan lebih unggul dari pesaing dengan menerapkan relationship marketing.

Jenis penelitian yang akan dilakukan termasuk penelitian exsplanatory reserch adalah penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui uji hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya, sehingga dapat mengetahui berapa besar kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikatnya serta besarnya arah hubungan yang terjadi, dengan mengambil lokasi penelitian pada PT Pegadaian Persero Cabang Kraton Bangil Pasuruan.

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui variabel  relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, ikatan, dan kepuasan yang berpengaruh secara simultan tehadap loyalitas nasabah. 2) Untuk mengetahui variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, ikatan, dan kepuasan yang berpengaruh secara  parsial terhadap loyalitas nasabah. 3) Untuk mengetahui variabel komunikasi yang berpengaruh secara dominan terhadap loyalitas nasabah.    Manfaat penelitian bagi perusahaan yaitu dapat memberikan kontribusi pada manajemen PT Pegadaian (Persero)  cabang Kraton-Pasuruan. Untuk membangun suatu perencanaan pemasaran yang lebih efektif, khususnya di bidang relationship marketing

Berdasarkan hasil uji secara simultan dengan menggunakan uji F dapat diketahui bahwa variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, ikatan, dan kepuasan yang berpengaruh secara simultan tehadap loyalitas nasabah. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (34,899>2,479). Hasil uji secara parsial dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, ikatan, dan kepuasan yang berpengaruh secara  parsial terhadap loyalitas nasabah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel.. Variabel ikatan mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Kraton-Pasuruan.

 

 

 

Kata Kunci: Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.