Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi Pada Akun Instagram @gojekindonesia (Studi Pada Konsumen GO-JEK di Kota Malang)

Johan Iswara Radhitama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand equity terhadap brand loyalty konsumen GO-JEK di Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh langsung dan tidak langsung dari social media marketing dan brand equity terhadap brand loyalty. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen GO-JEK yang pernah dan dapat mengakses Instagram @gojekindonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan SPSS 25. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap brand equity. Brand equity memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap brand loyalty. Di lain sisi, social media marketing tidak memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap brand loyalty. Social media marketing memiliki pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap brand loyalty melalui brand equity.                                                                                 

Kata kunci: Social media marketing, brand equity, brand loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.