IMPLEMENTASI IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA): ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN MUDA MIE SETAN MALANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keiinginan dan kebutuhan dari konsumen dalam memilih produk mie dengan cita rasa pedas di Kota Malang yaitu Mie Setan. Salah satu cara untuk melihat keinginan dan kebutuhan konsumen adalah dengan menganalisis preferensi konsumen yang memilih untuk berkunjung ke Mie Setan. Metode yang digunakan dalam menganalisis preferensi konsumen Mie Setan yaitu Importance-Performance Analysis (IPA). Importance-Performance Analysis (IPA)digunakan untuk membuat peringkat (rangking) bermacam-macam atribut jasa dan megidentifikasikan tindakan apa yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada responden konsumen muda. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan menganalisis atribut mana saja yang memiliki tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja. Hasil yang didapat dari Importance-Performance Analysis (IPA) akan digunakan untuk menentukan strategi yang tepat guna memperbaiki kinerja dari perusahaan.
Kata kunci: Importance-Performance Analysis (IPA), UMKM, atribut kepentingan, atribut kinerja, atribut kesesuaian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.