IMPLEMENTASI IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA): ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN MUDA MIE SETAN MALANG

ITA WAHYU PRATIWI

Abstract


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  keiinginan  dan  kebutuhan  dari  konsumen dalam  memilih  produk  mie  dengan  cita  rasa  pedas  di  Kota  Malang  yaitu  Mie Setan.  Salah  satu  cara  untuk  melihat  keinginan  dan  kebutuhan  konsumen  adalah dengan  menganalisis  preferensi  konsumen  yang  memilih  untuk  berkunjung  ke Mie Setan. Metode yang digunakan dalam menganalisis preferensi konsumen Mie Setan  yaitu  Importance-Performance  Analysis  (IPA).  Importance-Performance Analysis (IPA)digunakan untuk membuat peringkat (rangking) bermacam-macam atribut  jasa  dan  megidentifikasikan  tindakan  apa  yang  perlu  dilakukan  oleh perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada responden  konsumen  muda.  Sedangkan  metode  analisis  data  yang  digunakan adalah  metode  Importance-Performance  Analysis  (IPA)  dengan  menganalisis atribut mana saja yang memiliki tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat  kinerja.  Hasil  yang  didapat  dari  Importance-Performance  Analysis  (IPA) akan  digunakan  untuk  menentukan  strategi  yang  tepat  guna  memperbaiki  kinerja dari perusahaan.

Kata  kunci:  Importance-Performance  Analysis  (IPA),  UMKM,  atribut kepentingan, atribut kinerja, atribut kesesuaian 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.