ANALISIS DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI ETICKETING OLEH PELANGGAN KERETA API: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Laras Dwi Arofatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan sistem informasi e-ticketing kereta api dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) sebagai pengembangan model yang digunakan oleh Lee dan Wan (2010), Dehbashi (2009) dan Johan, et al (2016). Metode pengumpulan data adalah metode survei. Sampel sebeser 170 orang merupakan mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Brawijaya yang telah menggunakan sistem informasi e-ticketing kereta api. Data dianalisis menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi keamanan berpengaruh secara positif terhadap minat penggunaan sistem informasi eticketing, dan persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan sistem
informasi e-ticketing. Sedangkan persepsi kemudahan dan kepercayaan tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem informasi e-ticketing. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen dan analis sistem informasi e-ticketing agar memperhatikan kembali faktor-faktor yang berpengaruh dalam mengembangkan transaksi pemesanan tiket kereta api melalui penggunaan sistem informasi e-ticketing.

Kata Kunci: minat penggunaan, e-ticketing, Technology Accepatnce Model (TAM)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.