ANALISIS PERILAKU KONSUMSI JASA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE (Studi pada mahasiswa Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan jasa layanan transportasi online yaitu diantaranya Grab, Uber dan Gojek)

Nikko Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perialku konsumsi mahasiswa Universitas Brawijaya pada jasa layanan transportasi online yaitu diantaranya Gojek, Uber dan Grab, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana mahasiswa Universitas Brawijaya menjadi informan dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian adalah bahwa perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya dan faktor lingkungan sosial, transportasi online juga membantu mahasiswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berangkat ke kampus, membantu kesulitan mahasiswa ketika lahan parkir kampus yang sempit, membeli makan secara online, mengirim barang secara online. Dari ke empat informan yang peneliti wawancara, 3 diantaranya lebih memilih menggunakan Gojek daripada Uber, dan 1 dari mereka lebih memilih menggunakan Grab sebagai transportasi online utamanya. Lalu 3 dari mereka menyatakan bahwa mereka akan tetap menggunakan transportasi online berapapun uang saku bulanan mereka pada saat itu dan 1 dari 4 informan menyatakan bahwa ia akan menggunakan transportasi online tergantung kondisi keuangannya pada saat itu. Lalu dari 4 informan yang peneliti wawancara. Lalu dari 4 informan yang peneliti wawancara, 3 dari mereka mengungkapkan bahwa mereka menggunakan layanan transportasi online yaitu Gojek sebagai pilihan utama karena kualitas layanan yang lebih baik dari Grab dan Uber, lalu 1 dari mereka lebih memilih Grab sebagai pilihan utamanya dalam memilih transportasi online karena kualitas layanan yang lebih baik. Kendaraan roda dua maupun roda empat yang digunakan oleh  ketiga perusahaan jasa layanan transportasi online memiliki kualitas kendaraan yang sama. Harga dan kualitas layanan yang sudah sesuai menurut para informan, Lalu 3 dari 4 informan mengungkapkan Gojek merupakan perusahaan jasa layanan transportasi yang paling tinggi intensitas pemakaiannya oleh para informan, tetapi 1 dari 4 informan lebih memilih Grab sebagai transportasi online utamanya sehingga ia memiliki intensitas yang lebih tinggi dalam menggunakan transportasi online.

 

Kata Kunci: Perilaku konsumsi, Preferensi Konsumsi, Transportasi Online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.