IDENTIFIKASI POLA KONSUMSI MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Deni Arya Purnama Sakti

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengetahui tentang pemahaman dan pola konumsi khususnya mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana mahasiswa Ekonomi Islam angkatan 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya sebagai informan. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat divalidkan menggunakan validasi dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang di dapat setelah melakukan penelitian bahwa dari segi pemahaman mahasiswa paham dan mengerti mengenai konsumsi dalam ekonomi Islam. Mahasiswa juga dapat menjelaskan prinsip-prinsip konsumsi dalam ekonomi Islam. Dari segi pola konsumsi, mahasiswa masih merasa belum sepenuhnya menggunakan prinsip Islam dalam berkonsumsi. Mahasiswa juga masih berprinsip pada kepuasan dan kerap kali konsumsinya terpengaruh oleh keadaan. Namun di lain sisi terdapat kesesuaian antara pola konsumsi mahasiswa dengan syariat Islam.  

Kata Kunci: Pola Konsumsi, Mahasiswa, Ekonomi Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.