ANALISIS PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PERUM DAMRI UNIT KOTA MALANG ( PERIODE TAHUN 2014 – 2016 )

ALBERTUS SURYAJAYA

Abstract


Perum DAMRI Unit Kota Malang yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan angkutan darat jalan raya untuk wilayah kota Malang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Hal tersebut sesuai dengan visi dari Perum DAMRI Unit Kota Malang, yaitu “Menjadi penyedia jasa angkutan massal jalan raya yang aman, handal, terjangkau serta unggul dalam kinerja“ dimana dalam mempertahankan kinerja perusahaan yang baik, diperlukan adanya penilaian atau evaluasi kinerja. 

Metode penilaian kinerja perusahaan yang sesuai adalah Balanced Scorecard.Balanced Scorecard merupakan salah satu alat pengukuran kinerja perusahaan yang koheren, komprehensif, seimbang dan terukur. Empat perspektif dalam Balanced Scorecard yaitu : Pelanggan, Bisnis Internal, Finansial dan Pertumbuhan dan Perkembangan yang membuat Balanced Scorecard menjadi alat penilaian yang sesuai untuk Perum DAMRI Unit Kota Malang.

Hasil penilaian kinerja pada Perum DAMRI Unit Kota Malang pada tahun 2014 – 2016 diperoleh total pencapaian scorecard sebesar 125,08% pada tahun 2014, total pencapaian scorecard sebesar 103,32% pada tahun 2015 dan total pencapaian scorecard sebesar 105,68% pada tahun 2016.

Kata kunci: Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard, Pelanggan, Bisnis Internal, Finansial dan Pertumbuhan dan Perkembangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.