Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Melalui Experiential Value (Studi pada Vosco Coffee Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing melalui indikator yang ada yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate terhadap Customer Satisfaction melalui Experiential Value sebagai variabel mediasi pada Vosco Coffee Kota Malang, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan metode survey. Penelitian ini menggunakan sampel responden sebanyak 110 orang yang telah melakukan transaksi lebih dari dua kali dan berumur di atas 18 tahun. Metode analisis menggunakan PLS SEM dengan software SmartPLS 3.2.6. Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t- test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel.
Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap experiential value, experiential marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap costumer satisfaction, dan experiential value berpengaruh positif dan signifikan terhadap costumer satisfaction. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung experiential marketing terhadap costumer satisfaction melalui experiential value menunjukan hasil yang positif dan signifikan. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Hasil ini berarti bahwa Experiential Value memiliki pengaruh yang signifikan dalam menjembatani Experiential Marketing terhadap Customer Satisfaction.
Kata Kunci: Experiential Marketing, Experiential Value, Customer Satisfaction, Vosco Coffee
MalangFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.