Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Melalui Experiential Value (Studi pada Vosco Coffee Malang)

ZEPHANIA BAGASKORO NUGROHO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing melalui indikator yang ada yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate terhadap Customer Satisfaction melalui Experiential Value sebagai variabel mediasi pada Vosco Coffee Kota Malang, baik pengaruh   secara   langsung   maupun   tidak   langsung.   Jenis   penelitian   adalah explanatory research dengan metode survey.        Penelitian ini menggunakan sampel responden sebanyak 110 orang yang telah melakukan transaksi lebih dari dua kali dan berumur di atas 18 tahun.   Metode analisis  menggunakan  PLS  SEM  dengan software SmartPLS  3.2.6.  Uji  instrumen  penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t- test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel.

Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap experiential value, experiential marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap costumer satisfaction, dan experiential value berpengaruh positif dan signifikan      terhadap costumer      satisfaction.      Sedangkan      untuk      pengaruh      tidak langsung experiential            marketing terhadap costumer           satisfaction melalui experiential value menunjukan hasil yang positif dan signifikan. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Hasil ini berarti bahwa Experiential Value memiliki pengaruh yang signifikan dalam menjembatani Experiential Marketing terhadap Customer Satisfaction.

 

Kata Kunci: Experiential Marketing, Experiential Value, Customer Satisfaction, Vosco Coffee

Malang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.