Pengaruh Word of Mouth terhadap Brand Loyalty melalui Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa Pengguna T-cash di Universitas Brawijaya )

EDWIN PUTRA PRADANA

Abstract


Penulisan  penelitian  ini memiliki  tujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  word  of  mouth terhadap brand loyalty pengguna T-cash yang dimediasi oleh brand awareness, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel dengan variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang memiliki dan menggunakan T-cash setidaknya 3 bulan pemakaian dengan rata-rata transaksi 100 ribu perbulan. Dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Uji hipotesis menggunakan uji T dan indirect effect. Analisis data menggunakan Partial Least Squere (PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis yang telah ditentukan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty yang dimediasi oleh brand awareness.

 

KATA KUNCI: Word of Mouth, Brand Awareness, Brand Loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.