ANALISIS STRATEGI BERSAING MELALUI PENDEKATAN RESORCE BASED-VIEW GUNA MENCAPAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Pada Desa Wisata Sanankerto)

ROFI MIFTAHUL AMIN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keseluruhan sumber daya dan kapabilitas pada Desa Wisata Sanankerto yang berpotensi sebagai sumber keunggulan kompetitif melalui pendekatan resource based-view (RBV). Penelitian dilakukan dengan membagi sumber daya ke dalam empat kategori untuk mengidentifikasi keseluruhan sumber daya yang ada pada desa wisata dan dianalisis menggunakan kerangka kerja VRIO. Kerangka kerja VRIO merupakan alat analisis yang digunakan untuk menentukan sifat dari sumber daya dan kapabilitas yang ada. Hasil dari analisis VRIO digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi kompetensi inti (core competencies) yang dimiliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan penentuan informan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa wisata memiliki sebanyak

36 jenis sumber daya yang terdiri atas 23 tangible asset dan 13 intangible asset serta

kapabilitas sebanyak 14 jenis yang berpotensi sebagai keunggulan kompetitif. Hasil analisis memberikan hasil bahwa Desa Wisata Sanankerto memiliki 12 sumber daya dan 4 kapabilitas yang dapat digunakan untuk mencapai sustainable competitive advantage.

 

Kata kunci: R e s o u r c e B a s e d - v i e w (R BV) , K o m p e t e n s i  I n t i ,  K e r a n g k a  K e r j a

V R I O , S u m b e r D a y a , K a p a b i l i t a s



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.