PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN OLX.CO.ID (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

ACHMAD ZAKY ZAIN

Abstract


Kemajuan perkembangan teknologi dapat mendorong perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini berdampak pada sistem perdagangan. Salah satu implementasinya dengan meningkatknya bisnis penjualan dan pembelian produk dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce). Fenomena e-commerce saat ini yang mulai berkembang dengan pesat di Indonesia adalah dengan munculnya situs online shop. Olx.co.id merupakan salah satu situs online classified terbesar di Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh kualitas layanan yang teridiri dari kemudahan pengguna, informasi, keamanan, keandalan, dan unsur estetika terhadap kepuasan konsumen Olx.co.id pada mahasiswa Universitas Brawijaya di kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis. Sampel responden dalam penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, responden berjumlah 150 orang mahasiswa Universitas Brawijaya di kota Malang yang pernah berbelanja di situs jual beli olx.co.id dan sudah berumur 17 tahun keatas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 21.0 for windows.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan yang terdiri dari kemudahan pengguna, informasi, keamanan, keandalan, dan unsur estetika berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

Kata kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.