EVALUASI IMPLEMENTASI WHISTLEBLOWING SYSTEM
Abstract
Menurut ACFE (2016) tip/laporan dari pegawai, pelanggan, pemasok atau sumber lain yang termasuk whistleblower merupakan cara yang paling efektif dalam mengungkap kasus fraud dengan persentase sebesar 39,1%. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi whistleblowing system pada salah satu BUMN yaitu PT Telekomunikasi Indonesia berdasarkan dengan indikator yang dibuat oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) dalam Pedoman Pelaporan Pelanggaran (WBS). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini ialah VP Planning and Development Audit dan tiga orang karyawan yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi whistleblowing system pada PT Telekomunikasi Indonesia secara keseluruhan hampir memenuhi semua unsur dalam Pedoman Pelaporan Pelanggaran (WBS) yang dibuat oleh KNKG.
Kata kunci: whistleblowing system, fraud, whistleblower.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.