Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Pedagang Sektor Informal (Studi Kasus Di Kampung Inggris Desa Tulungrejo, Kabupaten Kediri)

NA`IM ARUB AZIZAH

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sektor informal di Kampung Inggris Desa Tulungrejo. Menggunakan jenis peneltian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kampung Inggris Desa Tulungrejo dengan jumlah populasi sebanyak 152 pedagang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil melalui teknik purposiverandom sampling. Sedangkan metode pengambilan data menggunakan kuosioner dan wawancara. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan meliputi variabel modal awal (X1), lama usaha (X2), tingkat pendidikan (X3), jam kerja (X4), dan pendapatan (Y). Metode analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda (Ordinary Least Square) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel yang signifikan mempengaruhi variabel pendapatan usaha pedagang sektor informal di Kampung Inggris Desa Tulungrejo yaitu modal awal (X1) dan Tingkat Pendidikan (X3). Sedangkan variabel lama usaha (X2) dan jam kerja (X4) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha pedagang sektor informal di Kampung Inggris Desa Tulungrejo. Selanjutnya, variabel modal awal (X1), lama usaha (X2), tingkat pendidikan (X3), dan jam kerja (X4) secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh terhadap pendapatan usaha pedagang sektor informal di Kampung Inggris. Kontribusi variabel-variabel tersebut sebesar 51,4% dan sisanya sebesar 50,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya.

 

Kata Kunci:Pedagang sektor informal, Pendapatan, Modal Awal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.