PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH: STUDI PADA NASABAH PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR TBK CABANG BAWEAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing yang terdiri atas komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah terhadap loyalitas nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Bawean. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel yang valid sebanyak 196 nasabah. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengujian secara parsial terhadap relationship marketing menunjukkan bahwa kepercayaan dan komitmen memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sebaliknya komunikasi dan penyelesaian masalah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Selanjutnya, pengujian secara simultan diketahui bahwa relationship marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini juga menemukan bahwa dari keempat variabel relationship marketing tersebut, komitmen memiliki pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas nasabah.
Kata kunci: kepercayaan, komitmen, komunikasi, penyelesaian masalah, relationship marketing, loyalitas.
Kata kunci: kepercayaan, komitmen, komunikasi, penyelesaian masalah, relationship marketing, loyalitas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.