PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH: STUDI PADA NASABAH PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR TBK CABANG BAWEAN

Mauli di, Ainur Rofiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis pengaruh  relationship marketing yang terdiri atas komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah terhadap loyalitas nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Bawean. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik  purposive sampling dan diperoleh sampel yang valid sebanyak 196 nasabah. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengujian secara parsial terhadap  relationship marketing menunjukkan bahwa kepercayaan dan komitmen memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah,  sebaliknya komunikasi dan penyelesaian masalah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Selanjutnya, pengujian secara simultan diketahui bahwa  relationship marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini juga menemukan bahwa dari keempat variabel relationship marketing tersebut, komitmen memiliki pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas nasabah.  

Kata kunci: kepercayaan, komitmen, komunikasi, penyelesaian masalah,  relationship marketing, loyalitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.