ANALISIS PENGARUH TINGKAT SEWA MODAL, JUMLAH NASABAH, HARGA EMAS DAN TINGKAT INFLASI TERHADAP PENYALURAN KREDIT GADAI GOLONGAN C (STUDI PADA PT PEGADAIAN CABANG PROBOLINGGO)

Mukhlish Arifin Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel tingkat sewa modal, jumlah nasabah, harga emas dan tingkat inflasi terhadap penyaluran kredit gadai golongan C pada PT Pegadaian cabang Probolinggo. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian asumsi klasik.

Hasil penelitian ini adalah tingkat sewa modal tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit gadai golongan C. Jumlah nasabah mempengaruhi jumlah penyaluran kredit di PT Pegadaian Cabang Probolinggo. Harga emas mempengaruhi penyaluran kredit pada PT Pegadaian Cabang Probolinggo khususnya kredit gadai golongan C. Tingkat Inflasi yang terjadi di kota Probolinggo tidak memberikan pengaruh terhadap pergerakan usaha penyaluran kredit gadai khususnya kredit gadai golongan C pada PT Pegadaian Cabang Probolinggo. Dari keempat variabel bebas diketahui bahwa yang paling dominan pengaruhnya terhadap jumlah kredit gadai yang disalurkan adalah variabel harga emas karena memiliki nilai koefisien beta dan t hitung yang paling besar.

 

Kata kunci : Tingkat sewa modal, jumlah nasabah, harga emas, tingkat inflasi, penyaluran kredit gadai golongan C.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.