Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Risk Terhadap Intention to Shop Online (Studi Pada Potensial Pasar Airbnb di Pulau Jawa)

FATHIMA AZ ZAHRA

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari perceived usefulness, perceived ease of use dan perceived risk terhadap intention to shop online pada potensial pasar Airbnb di pulau Jawa. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 respoden dimana penyebaran kuisioner dilaksanakan
pada 6 propinsi yang terdapat di Pulau Jawa. Sampel terdiri dari penduduk Pulau Jawa yang tahu, namun belum pernah bertransaksi dengan menggunakan Airbnb. Uji hipotesis  dilakukan menggunakan uji t. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda yang diolah dengan software SPSS 21. Dari hasil pengujian terhadap ketiga hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk berpengaruh secara signifikan dan positif
terhadap variabel intention to shop online pada potensial pasar Airbnb di Pulau Jawa. Kemudian diantara ketiga variabel independen, variabel perceived usefulness memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap intention to shop online pada potensial pasar Airbnb di Pulau Jawa.

KATA KUNCI: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, Intention
To Shop Online


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.