Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kinerja Keuangan Terhadap Financial Distress (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2016)

SATILA HASANAH JENNY

Abstract


Financial distress merupakan tahapan penurunan kondisi keuangan perusahaan sebelum terjadinya kebangkrutan. Financial distress pada penelitian ini diukur dengan interest coverage ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Struktur Kepemilkan yang diukur dengan kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional dan kinerja keuangan yang diukur dengan rasio likuiditas, rasio leverage, dan rasio profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Model yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut adalah model regresi logistik dengan menggunakan program SPSS. Sampel yang diguakan dalam penelitian ini berjumlah 39 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap probabilitas financial distress. Likuiditas berpengaruh signifikan negatif terhadap probabilitas financial distress dan leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap probabilitas financial distress. Hasil uji dominan menunjukan bahwa variabel leverage yang diukur dengan DAR memiliki pengaruh dominan terhadap probabilitas financial distress.

Kata Kunci: Financial distress, Struktur Kepemilikan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan institusional, Kinerja Keuangan, Rasio likuiditas, Rasio leverage, Rasio profitabilitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.