ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU PENYELESAIAN REKONSILIASI DATA SAI SATUAN KERJA (Studi pada Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPPN Malang)

Dedye Priyo Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi waktu penyelesaian rekonsiliasi data Sistem Akuntansi Instansi (SAI) satuan kerja. Penelitian ini dilakukan terhadap satuan kerja di wilayah kerja KPPN Malang. Variabel-variabel dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah pagu anggaran, jumlah realisasi belanja, aset, pendidikan, pengalaman, pelatihan, jumlah perbaikan, up date aplikasi Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (SAKPA) dan penggunaan elektronik rekonsiliasi (e-rekon). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 57 responden yaitu staf pengelola SAI satuan kerja melalui kuesioner dan data sekunder dari 57 satuan kerja yang diolah dari data KPPN Malang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dengan hasil yang diperoleh adalah dua faktor baru yaitu ukuran satuan kerja yang terdiri dari variabel-variabel dasar pagu belanja, jumlah realisasi belanja dan aset, serta faktor kapasitas sumber daya manusia yang terdiri dari variabel-variabel dasar pendidikan, pengalaman, dan jumlah perbaikan. Dari faktor yang terbentuk dilakukan analisis data panel dengan hasil faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap waktu penyelesaian rekonsiliasi data SAI adalah faktor kapasitas sumber daya manusia. Implikasi penelitian ini terhadap satuan kerja adalah satuan kerja dapat meningkatkan waktu penyelesaian rekonsiliasi data SAI dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola SAI.

Kata kunci      : rekonsiliasi, ukuran satuan kerja, kapasitas sumber daya manusia, waktu penyelesaian rekonsiliasi data Sistem Akuntansi Instansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.