PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Tercatat di BEI)

Dumas Lusangaji, Andar wati

Abstract


Latar belakang pada peneltitian ini bertujuan mengetahui dan menguji
pengaruh  Ukuran Perusahaan,  Struktur Aktiva,  Pertumbuhan Penjualan,  dan Profitabilitas  baik secara  simultan maupun  parsial terhadap struktur modal  pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2005 sampai dengan 2011.  Tujuan dari penelitian ini didasarkan pada masalah dari inkonsistensi struktur modal yang tampak pada neraca perusahaan dan berdampak pada keputusan pendanaan. Karena keputusan pendanaan atau keputusan struktur modal  merupakan  salah satu keputusan penting  bagi  manajer keuangan dalam kaitannya dengan kelangsungan operasi perusahaan.  Sehingga perlu ditelusuri variabel apakah yang perlu untuk diperhatikan dalam kaitannya untuk membuat suatu struktur modal yang baik dan optimal. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksplanatory. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk laporan keuangan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory periode tahun 2005-2011. Penelitian ini menggunakan 13  sampel perusahaan  makanan dan minuman  di Bursa Efek Indonesia, di  mana metode yang digunakan adalah pengkriteriaan populasi. Variabel dalam penelitian ini ada dua; variabel bebas yaitu  Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan,  dan Profitabilitas. Serta variabel terikat yaitu Struktur Modal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil  perhitungan dan uji regresi linier berganda, maka dapat diketahui bahwa secara simultan variabel  ukuran perusahaan,  struktur aktiva, pertumbuhan penjualan,  dan  profitabilitas  berpengaruh  signifikan  terhadap struktur modal. Sedangkan secara parsial,  hasil  penelitian menunjukkan bahwa selama periode penelitian terdapat tiga variabel saja yang signifikan, yakni ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas.  Serta hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa variabel yang perlu diperhatikan sekaligus yang mempengaruhi struktur modal paling dominan adalah  ukuran  perusahaan. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian, maka dalam penetapan struktur modalnya, perusahaan  makanan dan minuman  perlu untuk melihat variabel ukuran perusahaan,  pertumbuhan penjualan,  dan  profitabilitas, terutama pada variabel ukuran perusahaannya.

Kata kunci: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva,Pertumbuhan Penjualan, dan Profitabilitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.