ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN RITEL (RETAIL MARKETING MIX) YANG MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BRAVO SWALYAN TUBAN (Studi Pada Konsumen Bravo Swalayan Tuban Jawatimur)

Ibtagh Kulla Ma’ruf, Fatchur Rohman

Abstract


Skripsi ini berjudul ”Analisis Strategi Pemasran Bauran Ritel (Retail Marketing Mix) Yang Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Bravo Swalayan Tuban”. Yang melatar belakangi diadakan penelitian ini adalah banyaknya toko-toko swalayan yang muncul sehingga terjadi persaingan yang ketat khususnya untuk bisnis toko retail di wilayah tuban dan untuk memenangkan persaingan tersebut harus memperhatikan kepuasan konsumen yang dijadikan sebagai tolak ukur agar bisa mempertahankan konsumen.

Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu 1) Untuk mengetahui bauran pemasaran eceran (retail marketing mix) yang meliputi keragaman produk (product assortment), layanan, atmosfer took, harga, promosi dan tempat atau lokasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Bravo Swalayan Tuban. 2) Untuk mengetahui bauran pemasaran eceran (retail marketing mix) yang meliputi keragaman produk (product assortment), layanan, atmosfer took, harga, promosi dan tempat atau lokasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen Bravo Swalayan Tuban.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.  Populasi dalam penelitian ini yaitu orang yang melakukan transaksi pembelian ditoko Bravo Swalayan Tuban.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bauran pemasaran eceran (retail marketing mix) yang meliputi keragaman produk (product assortment), layanan, atmosfer toko, harga, promosi dan tempat atau lokasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Bravo Swalayan Tuban. Bauran pemasaran eceran (retail marketing mix) yang meliputi keragaman produk (product assortment), layanan, atmosfer toko, harga, promosi dan tempat atau lokasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen Bravo Swalayan Tuban. Harga mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Bravo Swalayan Tuban.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran Eceran (Retail Marketing Mix) dan Tingkat Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.