Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesesuaian, dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus di Bank BRI Kota Malang)
Abstract
Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesesuaian, dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus di Bank BRI Kota Malang). Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap untuk menggunakan layanan mobile banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance
Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989.
Penelitian ini dilakukan di Bank BRI Kota Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 138 orang Pegawai Bank BRI yang menggunakan layanan mobile banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kesesuaian berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan mobile banking. Sebaliknya, konstruk persepsi kegunaan dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya layanan mobile banking. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis mobile banking agar memperhatikan kembali faktor kemudahan penggunaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi mobile banking pada sistem perbankannya.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), mobile
banking, sikap, persepsi kemudahan, persepsi kesesuaian.
Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989.
Penelitian ini dilakukan di Bank BRI Kota Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 138 orang Pegawai Bank BRI yang menggunakan layanan mobile banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kesesuaian berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan mobile banking. Sebaliknya, konstruk persepsi kegunaan dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya layanan mobile banking. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis mobile banking agar memperhatikan kembali faktor kemudahan penggunaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi mobile banking pada sistem perbankannya.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), mobile
banking, sikap, persepsi kemudahan, persepsi kesesuaian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.