Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesesuaian, dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus di Bank BRI Kota Malang)

Ari Mubiyantoro, Syaeful lah

Abstract


Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesesuaian, dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Penggunaan  Mobile  Banking  (Studi Kasus di Bank BRI Kota Malang).  Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap untuk menggunakan layanan mobile banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance
Model  (TAM) yang dikembangkan oleh  Davis pada tahun 1989.
Penelitian  ini  dilakukan di Bank BRI Kota Malang  dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 138  orang Pegawai Bank BRI  yang menggunakan  layanan mobile banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kesesuaian berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan  mobile banking. Sebaliknya, konstruk persepsi kegunaan dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya layanan  mobile banking. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis mobile banking  agar memperhatikan kembali faktor kemudahan penggunaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi  mobile banking    pada sistem perbankannya.

Kata Kunci:  Technology Acceptance Model  (TAM),  mobile
banking, sikap, persepsi kemudahan, persepsi kesesuaian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.