PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL (STUDI PADA BMT MMU SIDOGIRI PASURUAN)

Eka Adi Nugroho, Multi fiah

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan pospositivisme rasionalistik menggunakan data primer. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode interview yaitu mewawancarai narasumber dari pihak BMT MMU Sidogiri, masyarakat Sidogiri dan nasabah BMT MMU Sidogiri. Hasilnya, persepsi masyarakat terhadap kinerja BMT MMU Sidogiri cukup bagus dan berdampak nyata bagi perekonomian lokal Sidogiri. Sedangkan fungsi bisnis  BMT juga diaplikasikan dalam bentuk penggunaan akad pembiayaan oleh masyarakat untuk mengembangkan usahanya. Selain itu fungsi sosial dari BMT yaitu memberikan penyadaran agama bagi masyarakat Sidogiri yang kurang akan pengetahuan agama dan menjadi fasilitator pengembangan sumberdaya manusia di Sidogiri dengan metode pendidikan.

Keywords: Metode Interview, Persepsi Masyarakat, Ekonomi Lokal, Fungsi Bisnis dan Fungsi Sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.